komponen-hydrant-dan-fungsinya-hydrant-pillar-hydrant-box - Fire Hydrant

Wajib Tahu! Peran & Fungsi Hydrant

 

Hydrant adalah sistem salah satu pemadam kebakaran yang terhubung dengan sumber air yang bertekanan dan mendistribusikan air ke lokasi pemadaman dengan laju yang cukup. Alat ini bermanfaat untuk pemadaman api tanpa membuat penggunanya khawatir terjadinya kekurangan pasokan air. Hydrant sendiri terdiri atas dua jenis yaitu hydrant Pillar dan Hydrant Box. untuk mengenal Sistem Hydrant ini sangat Gampang dikenali karena letaknya yang akan mudah didapati serta dicat dengan warna merah yang sangat mudah terlihat. penempatan Hydrant sendiri memang mengharuskan pada lokasi yang mudah terlihat dan terjangkau serta dapat mengkaver seluruh daerah apabila sewaktu waktu terjadi kebakaran. Hydrant Box penempatan biasanya dalam gedung (Indoor) dimana selang pemancar air dan Nozzle pemancar telah diletakkan dalam Box merah dan dapat segera disambungkan dengan sistem hydrant sehingga bisa ditarik ke lokasi kebakaran untuk dilakukan pemadaman. sedangkan Hydrant Pillar penempatan biasanya diluar bangunan (Outdoor) dimana Hydrant ini dapat disambungkan dengan selang menuju kendaraan pemadam kebakaran sebagai sarana penyuplai air untuk mobil pemadam kebakaran serta dapat juga digunakan untuk melakukan pemadaman di sekitar lokasi kebakaran.

Sistem Hydrant sendiri sebetulnya tidak segampang yang terlihat karena pada dasarnya sistem Hydrant sendiri terdiri dari beberapa komponen yang digabung menjadi sebuah sistem yang dapat mengalirkan air ke suatu lokasi apabila terjadi kebakaran sehingga akan lebih mudah melakukan proses pemadaman. sistem Hydrant yang terlihat pada suatu lokasi baik Indoor maupun Outdoor merupakan bagian terakhir dari sistem hydrant yang dapat digunakan sewaktu terjadi kebakaran. Alat ini memiliki sistem intalasi yang terintegrasi dengan komponen pendukung lainnya seperti Rumah Pompa, Pipa Bertekanan serta Pipa utama pengalir air, artinya pemasangan sistem hydrant ini membutuhkan perencanaan yang matang dan bukan sekedar penempatan hydrant Box maupun Hydrant Pillar.

Hydrant Pillar

Hydrant pillar adalah bagian dari rangkaian sistem hydrant yang berfungsi untuk menyuplai air bertekanan dari sumber air. Umumnya hydrant pillar berada di luar ruangan dan diatur pada jarak tertentu. Lokasi peletakkan hydrant pillar pun harus diperhatikan, pilihlah lokasi yang strategis misalnya di tengah kota terlebih yang terdekat dengan sumber air. Berdasarkan SNI (standar Nasional Indonesia) dan NFPA(National Fire Protection Association), peletakkan hydrant pillar ditentukan berdasarkan lokasi dan jumlah keluaran hydrant, jarak penempatan hydrant  umumnya sekitar 35-38 meter antara hydrant pillar satu dengan yang lainnya, strategis artinya mudah ditemukan dalam keadaan darurat.

Fungsi Hydrant Pillar untuk regu damkar

Alat ini bertujuan untuk menyuplai air dari sumber yang dapat berasal dari PAM dan GWR yang selanjutnya akan disalurkan ke mobil pemadam kebakaran sehingga pemadam kebakaran dapat memadamkan bangunan yang terbakar. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perhitungan kuhusus guna memperkirakan debit air yang dibutuhkan saat memadamkan api. Hydrant pillar dapat diletakkan di permukaan tanah dan di bawah  permukaan tanah. Apabila diatas permukaan tanah, hydrant pillar dapat langsung dihubungkan dengan selang pemadam kebakaran ketika dibutuhkan. alat pemadam kebakaran bawah tanah lebih khusus dan sangat kompleks karena memiliki sistem instalasi yang telah terintegrasi dan tersambung pada komponen-komponen pendukung  seperti  seperti pipa utama pengalir air, pipa bertekanan serta support block untuk alas dan penyangga.

Fungsi Hydrant Pillar dalam jaringan Hydrant

Untuk itu, pondasi sebagai penopang hydrant pillar harus kuat karena saat terjadi kebakaran aliran air yang ada di dalam jaringan sangat kuat. Bahan konstruksi dari hydrant pillar adalah stainless steel. Material ini merupakan material yang paling baik menahan terbentuknya korosi. Korosi dapat terjadi jika adanya larutan yang bersifat elektrolit dan oksigen. Karena hydrant pillar diletakkan di luar ruangan maka potensi untuk terjadinya korosi tinggi. Namun, tak sedikit hydrant pillar yang terbuat dari besi, fungsinya tetap sama namun penggunaan besi sebagai bahan material lebih murah dibandingkan dengan stainless steel. Di Indonesia sendiri hydrant pillar dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu hydrant pillar one way dan hydrant pillar two way, atau biasa disebut dengan cabang satu dan cabang dua. Perbedaannya pada system hydrant terletak pada jumlah sumber yang dapat dialirkan saat digunakan. harga hydrant pillar two way biasanya lebih mahal karena menggunakan 2 sambungan untuk pengeluaran air. Sementara one way menggunakan hanya satu output pengeluaran air sehingga harga hydrant pillar ini jauh lebih murah.

Hydrant Box

Firesystem.id Hydrant Box

Hydrant box atau kotak hidran sangat dianjurkan tersedia di tempat umum seperti bioskop, pusat perbelanjaan, restaurant dan sekolah. Selain fasilitas umum, perusahaan swasta pun dianjurkan memiliki hydrant box sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan kerja khususnya kebakaran. Hydrant box  dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu indoor hydrant box dan outdoor hydrant box. Sesuai dengan namanya maka perbedaan pada kedua kategori diatas adalah lokasi instalasi kotak hidran apabila indoor maka kotak hidran yang didesain, ditempatkan di dalam ruangan sebaliknya apabila outdoor maka kotak hidran yang didesain, ditempatkan di luar ruangan. Fungsi dari hydrant box adalah sebagai tempat penyimpanan alat-alat perlengkapan guna memadamkan kebakaran misalnya selang kebakaran, nozzle dan hydrant valve. Hal ini tentu akan memudahkan pemadam kebakaran untuk menemukan alat-alat yang dibutuhkan. Coba bayangkan jika tidak ada hydrant box maka alat-alat tersebut akan sulit ditemukan terlebih dalam keadaan darurat dan panik. Dalam kondisi kebakaran, waktu sangat berharga, kehilangan satu detik dapat mengakibatkan kerugian material yang sangat tinggi oleh sebab itu, fungsi lain dari adanya hydrant box adalah efisiensi terhadap waktu.

Bertanya & Konsultasi?
Semua Produk & Jasa Kami
Lihat Semua
Halaman Kontak
Menuju Halaman

Fungsi Hydrant Box

Fungsi Hydrant box adalah untuk menjaga umur alat-alat pemadam kebakaran agar tahan lama. Khususnya untuk outdoor hydrant box karena adanya pengaruh iklim dan cuaca. Alat-alat seperti nozzle dan hydrant valve umumnya terbuat dari baja, apabila terkena air hujan yang bersifat elektrolit maka lama kelamaan material akan teroksidasi oleh oksigen mengakibatkan korosi. Korosi sangat berbahaya karena dapat merusak material menyebabkan menurunnya fungsi pada alat. Cuaca yang panas pun dapat berakibat buruk pada selang kebakaran yang umumnya terbuat dari karet sintetis. Apabila peralatan ini dibiarkan berada di luar ruangan terus menerus maka dalam waktu sebulan perlu dilakukan penggantian alat. Oleh sebab itu, penggunaan dari hydrant box sangat membantu untuk melindungi alat-alat pemadam kebakaran dari cuaca yang ekstrem. Kesimpulannya, hydrant box berfungsi mengurangi pengeluaran untuk penggantian alat karena dapat memperpanjang umur alat-alat pemadam kebakaran

Fungsi hydrant box yang terakhir adalah sebagai hiasan. Coba anda bayangkan apabila dalam ruangan tergeletak selang pemadam kebakaran yang panjang dan berbelit-belit? Tentu, hal itu sangat mengganggu kenyamanan mata Anda. Oleh sebab itu, hydrant box hadir agar ruangan Anda tetap terlihat indah dan rapi namun tetap menjaga perlindungan dari kebakaran.

Ada tiga hal utama yang perlu diperhatikan dalam perencanaan sistem fire hydrant :

  1. Marking Lokasi
    yaitu pemetaan terhadap lokasi untuk penempatan posisi hydrant box maupun hydrant pillar dalam arti jauh dekatnya dengan lokasi bangunan, mudah terlihat, gampang dijangkau dan tidak mengganggu aktifitas dan fungsi dari tempat tersebut.
  2. Keberadaan Pipa Pengalir Air
    yaitu adanya pipa pengalir air ke seluruh titik yang telah ditentukan untuk ditempatkan hydrant box dan hydrant pillar sehingga setiap area yang telah dilengkapi dengan sistem hydrant akan terjangkau oleh aliran air
  3. Jalur pipa memiliki Akses Khusus
    Artinya Pipa pengalir air untuk sistem hydrant merupakan jaringan pipa tersendiri yang tidak boleh digabungkan dengan sistem jaringan air lainnya. hal ini agar akses air ke hydrant box dan hydrant pillar bebas hambatan.

Pemeliharaan Hydrant

Sistem fire hydrant perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala, tes dan survei untuk membuktikan bahwa sistem hydrant dapat bekerja dengan baik. sistem hydrant harus diperiksa secara menyeluruh untuk memastikan bahwa alat alat serta komponen pendukung lainnya dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk memenuhi tujuan utamanya yaitu keselamatan dalam memadamkan kebakaran. Adapun hal-hal yang harus dilakukan pemeriksaan meliputi

  • Tempat Penyimpanan Air
  • Pump Set
  • Pipa dan Valve
  • Hydrant Valve dan Coupling
  • Fire Hose dan Nozzle

untuk mendapatkan hasil yang baik, maka seluruh kriteria diatas harus dilakukan pengecekan secara rutin dan berkelanjutan agar sewaktu-waktu ditemukan keanehan atau kerusakan dapat segera ditanggulangi agar sistem hydrant dapat dipergunakan sebagaimana mestinya ketika terjadinya ancaman bahaya kebakaran. Tempat penyimpanan air harus selalu dipastikan penuh dan bersih, pompa harus hidup secara otomatis dengan Tahapan pertama Jockey Pump kemudian Pompa Utama (electrical Pump) serta Pompa Cadangan (Diesel Pump) apabila tidak adanya arus listrik.
Jaringan Pipa dan Valve tidak boleh terdapat kebocoran, Hydrant valve dan Coupling berfungsi dengan baik serta selang pemancar dan Nozzle harus ada dalam Box agar sistem hydrant selalu siap digunakan kapan saja dibutuhkan.

itulah sedikit pembahasan tentang sistem hydrant dimana untuk melakukan pemasangan sistem hydrant ini memerlukan keahlian khusus dan tidak dapat dilakukan oleh semua orang. petugas pemadam kebakaran hanya memastikan bahwa Discharge atau pancaran air yang dibutuhkan sudah sesuai dengan

Bertanya & Konsultasi?
Semua Produk & Jasa Kami
Lihat Semua
Halaman Kontak
Menuju Halaman

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian