Smoke Detektor (Smoke Detector)

Keywords: Smoke Detektor, Apa Smoke Detektor,Jual Apapr kecil, jual Apar 3kg,Jual Apar co2, Apar,Pasang Smoke detektor,manfaat dan Cara kerja Fm200,fm200,tentang Fm200,Apa itu fm200,Refill apar,jual refill apar keci, juak apar busa, Jaual Apar Power

 

Smoke Detector atau dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan Detektor Asap adalah alat sejenis sensor yang dapat mendeteksi adanya segumpalan asap. Smoke Detector atau Detektor Asap ini sangat berguna untuk rumah tangga, kantor, sekolah dan industri untuk mendeteksi secara dini adanya segumpalan asap yang berasal dari kerusakan-kerusakan mesin ataupun api sehingga dapat menghindari terjadinya bencana kebakaran yang lebih besar.

Smoke Detector pada dasarnya adalah salah satu komponen dari sebuah sistem Pedeteksian Kebakaran (Fire Alarm System). Sebuah sistem Pendeteksian Kebakaran pada umumnya terdiri dari beberapa komponen utama yaitu Detector Devices (Perangkat Detector), Control Panel (Panel Kendali), Notification Devices (Perangkat Notifikasi) dan Power Supply (Pencatu Daya).

Bertanya & Konsultasi?
Produk & Jasa Kami
Lihat Semua
Halaman Kontak
Menuju Halaman

 

Cara kerja smoke detector dan penempatanya,

merupakan suatu hal yang perlu kita perhatikan, cara kerja smoke detector dipicu oleh asap yang masuk ke dalam smoke detector, partikel asap yang memenuhi ruang smoke chamber saat kebakaran terjadi.

Saat kepadatan asap (smoke density) sudah memenuhi ambang batas (threshold), rangkaian elektronik yang terdapat didalam smoke detector akan aktif. Karena berisi rangkaian elektronik smoke detector membutuhkan tegangan.

Detektor asap ada dua type yaitu 2 wire dan 4 wire,  type 2 wire catu daya listrik disuplai dari master control fire alarm berbarengan dengan sinyal fire alarm sehingga hanya membutuhkan 2 kabel, sedang untuk type 4 wire tegangan didapatkan dari dua kabel plus minus dari master control fire alarm dan dua kabel sisanya untuk sinyal. Smoke detector memiliki area proteksi 150 m2 untuk ketingian plafon 4m.

Cara Kerja Smoke Detector dan Penempatanya yang Direkomendasikan

 Pertanyaan yang sering muncul pada area mana penempatan smoke detector dan heat idealnya ditempat. Bila titik penempatan sudah ditentukan secara detail kita tinggal mengikuti penempatan yang sudah ditetapkan tetapi apabila belum ditetapkan, ada beberapa hal yang dapat menjadi acuan.

Jika pada sebuah area diperkirakan saat awal terjadi kebakaran akan banyak menghasilkan api dibanding kepulan asap, maka heat detector sangat ideal ditempatkan untuk resiko ruang seperti ini. Misalnya ruang filli cabinet, gedung spare part yang banyak terdapat bahan yang terbuat dari logam (dengan catatan ruang tersebut tanpa kardus), bengkel kerja mekanik dan sejenisnya.

Demikian sebaliknya jika di dominsai oleh asap sebaiknya menggunakan smoke detector. Misalnya ruang yang beralaskan karpet (kecuali kamar hotel), gudang kertas, gudang kapas, atau gudang tempat penyimpanan barang yang terbuat dari karet.

 

Smoke Detector terdiri dari 2 jenis, yaitu:

  1. Ionisation Smoke Detector yang bekerjanya berdasarkan tumbukan partikel asap dengan unsur radioaktif di dalam ruang detector (smoke chamber).
  2. Photoelectric Type Smoke Detector (Optical) yang bekerjanya berdasarkan pembiasan cahaya lampu LED di dalam ruang detector karena adanya asap yang masuk dengan kepadatan tertentu.
    Smoke Ionisasi cocok untuk mendeteksi asap dari kobaran api yang cepat (fast flaming fires). Tetapi jenis ini lebih mudah terkena false alarm, karena sensitivitasnya yang tinggi. Oleh karena itu perangkat ini lebih cocok untuk ruang keluarga dan ruangan tidur.
    Smoke Optical (Photoelectric) lebih baik untuk mendeteksi asap dari kobaran api kecil, sehingga cocok untuk hallway(lorong) dan tempat-tempat yang rata. Jenis ini lebih tahan terhadap false alarm sehingga dapat diletakkan di dekat dapur.

Kedua smoke detector memiliki prinsip kerja yang berbeda. Maka dari itu, pilihlah smoke detector yang sesuai dengan risiko kebakaran yang ada pada gedung atau bangunan Anda agar instalasi fire alarm dapat berjalan maksimal.

Bertanya & Konsultasi?
Produk & Jasa Kami
Lihat Semua
Halaman Kontak
Menuju Halaman

 

Ini arteikel tentang  Smoke detektor,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian