Mengenal Hydrant dan Komponenya

hydrant

KEYWORDS:
Fire System,Primatech,Pemadam Api, Alat Pemadam Kebakaran, Jual Apar, Isi Ulang Apar, Fire Extinguisher System, Apar, Alat Pemadam Api Ringan, Fire Suppression, Sistem deteksi kebakaran, Fire Alarm System, Jual Hydrant, Jual Safety Equipment, Thermatic System, Fire Trap, Refilling Fire Extinguisher, Jasa Instalasi Pemadam Kebakaran, Maintenance Alat Pemadam Kebakaran, Pelatihan Keamanan Kebakaran, Pelatihan Kebakaran, Konsultan Api, merek starvvo, merek fire indo, merek ever safe, Jual starvvo, jual fire indo, jual ever safe, FM-200, Jual FM-200, Modular Fire Extinguisher, Pre-Engineered Design, Automatic Fire Suppression System, Pre-Engineering Design, GSM Module, Pre-Engineering Design, novec 1230, Inergen, HFC227ea, Apar Murah, Jual Perangkat Pemadam Kebakaran,

Bertanya & Konsultasi?
Produk & Jasa Kami
Lihat Semua
Halaman Kontak
Menuju Halaman

Hydrant adalah pipa yang dihubungkan ke suplai air terutama di jalan untuk menarik air dari saluran utama untuk memadamkan api. Hydrant juga menjadi sumber air yang disediakan di sebagian besar daerah perkotaan, pinggiran kota dan pedesaan dengan pelayanan air kota untuk memungkinkan petugas pemadam kebakaran mengisi pasokan air kota untuk membantu memadamkan api.

hydrant

Pada suatu bangunan, system keamanan merupakan faktor yang tidak boleh dilupakan. Risiko yang harus di tanggung mungkin akan sangat besar apalbila system keamanan itu tidak dipasang. Salah satu sistem keamanan pada gedung adalah sistem pemadaman kebakaran.

Saat ini sistem pemadam kebakaran sangat banyak dan bervariasi, mulai dari yang memakai cara klasik, yakni air sampai dengan yang memakai busa.

Seharusnya tiap gedung memiliki sistem pemompaan untuk menanggulangi bahaya kebakaran. Namun demikian hal itu menjadi kendala juga tidak cukup efektif untuk mencegah agar kebakaran tidak menjadi semakin besar.

Hal ini dapat terjadi karena pompa tidak mampu menyediakan air dengan jumlah yang banyak dalam waktu singkat. Selain itu mungkin pompa justru rusak karena kebakaran itu sendiri. Bila demikian yang terjadi maka akan fatal akibatnya.

Untuk itulah diperlukan adanya penyedia air tambahan untuk mencegah kemungkinan buruk seperti yang disebutkan diatas. Penyedia air cadangan ini sering disebut dengan Hydrant. Sumber air Hydrant dapat berasal dari suatu sumur tersendiri atau dari PDAM.

Komponen Utama Sistem Instalasi Hydrant

  1. Persediaan Air Yang Cukup (Tangki Air).
  2. Sistem Pompa Yang Handal. Umumnya terdiri dari :
    • Pompa Utama (Pompa yang bertugas mengisi/menjaga persediaan air pada jaringan pipa Hydrant saat terjadi kebakaran secara otomatis).
    • Pompa Jokey (Pompa yang menjaga tekanan pada jaringan pipa Hydrant secara terus menerus secara otomatis).
    • Pompa Cadangan/Diesel (Pompa yang bertugas mengisi persediaan air dan menjaga tekanan pada jaringan pipa hidran yang menyala secara otomatis pada saat jaringan listrik dimatikan/mati sehingga pompa utama dan pompa jockey tidak dapat berkerja).
  3. Siamese Connection (Sambungan untuk mengisi air pada jaringan pipa hidran dari mobil pemadam kebakaran).
  4. Jaringan Pipa Yang Memadai.
  5. Pilar Hidran Yang Mencukupi.
  6. Kotak (Box) Hydrant, Selang Hydrant, Nozzle Hydrant dan Tuas Pembuka Keran Hidran Yang Mencukupi.
Bertanya & Konsultasi?
Produk & Jasa Kami
Lihat Semua
Halaman Kontak
Menuju Halaman
hydrant

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *