FM 200 Fire Suppression System: Solusi Cerdas untuk Perlindungan Kebakaran

fm 200 system tabung fire extinguisher - FireSystem ID
Share

Apa itu FM 200 Fire Suppression System?

FM 200 Fire Suppression adalah sistem pemadaman kebakaran yang menggabungkan perangkat pendeteksi dini dan perangkat penindakan yang mampu bekerja secara otomatis. Sistem ini dirancang untuk beroperasi tanpa campur tangan manusia, memungkinkan deteksi dan penindakan kebakaran dalam waktu 10 detik setelah deteksi.

Mengapa FM 200 Menjadi Standar Industri?

FM 200 telah menjadi standar kebutuhan di berbagai sektor industri karena kemampuannya dalam mencegah dan mengendalikan kerusakan serta kerugian akibat kebakaran. Sistem ini menggunakan gas sebagai agen pemadam, sehingga sangat efektif melindungi perangkat elektronik seperti server room, instalasi jaringan komputer, trafo, genset, turbin, UPS, dan control room.

Keunggulan FM 200

  1. Ramah Lingkungan: FM 200 menggunakan gas yang tidak merusak ozon dan tidak meninggalkan residu, sehingga mengurangi biaya pemulihan pasca kebakaran.
  2. Efektif dan Cepat: Mampu memadamkan api dalam waktu kurang dari 10 detik.
  3. Aman untuk Perangkat Elektronik: Tidak seperti sistem sprinkler air yang dapat merusak perangkat elektronik, FM 200 tidak meninggalkan kerusakan residu.

Komposisi Kimia FM 200

Nama kimia dari gas FM 200 adalah HFC-227ea atau 1,1,1,2,3,3,3-Heptafluoropropane. Beberapa merek dagang dari gas ini antara lain:

  • FM-200 oleh Dupont
  • Solkaflam 227 oleh Solvay Fluor
  • MH-227 oleh Shanghai Waysmos

Selain FM 200, terdapat juga agen pemadam gas lainnya seperti Halotron™ I, Novec-1230, Argonite IG-55, MH-125, FE-36, dan NAF-125 yang memiliki karakteristik serupa.

fm200

Perbandingan dengan Sistem Pemadaman Lain

Berbeda dengan sistem sprinkler air yang dapat menyebabkan kerusakan tambahan pada perangkat yang tidak terbakar, FM 200 memberikan solusi pemadaman yang lebih efektif tanpa risiko kerusakan akibat air. Ini membuatnya ideal untuk digunakan di area yang mengandung perangkat sensitif seperti server room dan control room.

Standar Internasional

Di Amerika Serikat, pemasangan dan penggunaan FM 200 diatur oleh National Fire Protection Association (NFPA). Standar ini menjadi acuan global dalam menentukan sistem pencegahan kebakaran yang efektif dan aman.

Kesimpulan

FM 200 Fire Suppression System adalah solusi pemadaman kebakaran yang cerdas, cepat, dan ramah lingkungan. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, sistem ini sangat cocok untuk melindungi aset-aset penting dalam berbagai sektor industri, terutama yang melibatkan perangkat elektronik sensitif.

Ingin Konsultasi tentang Sistem FM 200 ini?

Anda dapat menghubungi melalui email atau ke nomor dibawah

sales@firetech.id

(021) 2900 915

Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *