Fire Alarm System (Sistem Peringatan Kebakaran)

Fire Alarm

Sistem Proteksi Kebakaran (fire protection system) atau disebut juga dengan sistem fire alarm (sistem pengindra api) adalah suatu sistem terintegrasi yang di desain untuk mendeteksi adanya gejala kebakaran, untuk kemudian memberi peringatan (warning) dalam sistem evakuasi dan ditindaklanjuti secara otomatis maupun manual dengan sistem instalasi pemadam kebakaran (sistem Fire fighting).

Perlengkapan fire alarm dilengkapi dengan Master Control Fire Alarm (MCFA) yang memiliki 2 sistem yaitu konvensional dan addressable, detektor panas atau heat detector, detektor asap atau smoke detector. Fire alarm memiliki dua sistem sesuai dengan sistem yang terdapat pada Master Control Fire Alarm yaitu fire alarm sistem konvensional dan fire alarm sistem addressable.

3 Jenis Pendeteksi

  1. Non Addressable System
  2. Semi Addressable System
  3. Full Addressable System

1. Non addressable System

Sistem ini disebut juga dengan sistem konvensional. Pada sistem inji MCFA menerima sinyal masukan langsung dari detector (biasanya jumlahnya sangat terbatas) tanpa pengalamatan dan langsung memerintahkan komponen outpu (keluaran) untuk merespon input (masukan) tersebut. Sistem ini pada umumnya digunakan pada bangunan / area supervisi berskala kecil, seperti perumahan, pertokoan, perkantoran, dan lain-lain.

2. Semi addressable System

Sistem ini dilakukan pengelompokan pada detector dan alat penerima masukan (input) berdasarkan area pengawasan (supervisory area).Masing-masing zona dikendalikan (baik input maupun output) oleh zona kontroler yang mempunyai alamat/ address yang spesifik.

Pada saat detector atau alat penerima masukan lainnya memberikan sinyal, maka MCFA akan meresponnya (I/O) berdasar zona kontroler yang mengumpulkannya. Dalam konstruksinya tiap zona dapat terdiri dari:

  • Satu lantai dalam bangunan / gedung
  • Beberapa ruangan yang berdekatan pada satu lantai di sebuah gedung
  • Beberapa ruangan yang mempunyai karakteristik tadi di sebuah gedung

Pada display MCFA akan terbaca alamat zona yang terjadi gejala kebakaran, sehingga dengan demikian tindakan yang harus diambil dapat dilokalisir hanya pada zona tersebut.

3. Full Addressable System

Merupakan pengembangan dari sistem semi addressable. Pada system ini semua detector dan alat pemberi masukan (deteksi) mempunyai alamat yang spesifik, sehingga proses pemadaman dan evakuasi dapat dilakukan langsung pada titik yang diperkirakan mengalami kebakaran.

 

Produk Fire Trap

 

Hubungi Konsultan Kami untuk Penanganan

Fire Suppression System

 

Bertanya & Konsultasi?
Semua Produk & Jasa Kami
Lihat Semua
Halaman Kontak
Menuju Halaman

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *